DANA DESA WUJUDKAN GENERASI SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMPERIORITASKAN PELAYANAN SOSIAL DASAR (PSD)


DANA DESA WUJUDKAN GENERASI SEHAT DAN CERDAS
DENGAN MEMPERIORITASKAN PELAYANAN SOSIAL DASAR (PSD)

Oleh : Aris Munandar (FK GSC Dongko)
Editor : Khairuddin ( Faskab GSC Trenggalek)


Dana Desa seyogyanya tidak semuanya dialokasikan untuk membangun sarana dan prasarana saja, akan tetapi bisa juga digunakan untuk meningkatkan kesehatan anak melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Hal inilah yang dilakukan oleh Kader – Kader Posyandu Dusun Ngepring Desa Dongko.
Kegiatan pemberian PMT yang bersumber dari Dana Desa ini dilakukan di Taman Posyandu Dusun Ngepring. Dalam kegiatan ini diikuti oleh Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dengan penuh semangat Kader posyandu memberikan PMT yang berupa makan olahan dengan menu yang bervariasi tiap bulannya  kepada bayi dan balita yang hadir di posyandu.
Selain memberikan PMT, kegiatan kali ini juga ada kegiatan kelompok ibu-ibu Bina Keluarga Balita (BKB) yang diisi dengan pemberian penyuluhan tentang pentingnya kesehatan bayi dan balita, yang tak kalah pentingnya adalah penyuluhan tentang tata cara pengasuhan bayi dan balita, mulai dari cara pemberian makanana bayi dan balita, sampai cara merangsang fisik dan psikomotorik.
Pemerintah Desa Dongko sangat peduli tentang pentingnya kesehatan bayi dan balita di desanya sehingga mulai Tahun 2017 sudah mengalokasikan Kegiatan Pelayanana Sosial Dasar Khususnya kesehatan Ibu dan anak di desanya, salah satu kegiatannya adalah pemberian makanan Tambahan (PMT) Posyandu. Selain itu Pemerintah Desa Dongko juga mengalokasikan dana untuk PMT Balita BGM (Bawah Garis Merah) untuk 6 anak sebesar kurang lebih Rp. 29.000.000,-. Dana ini dialokasikan untuk periode selama 3 bulan
Bukan itu saja, Pemerintah Desa Dongko juga mengalokasikan Dana Desa untuk pengganti transport Kader Posyandu yang rutin melakukan kegiatan. Apresiasi yang tinggi dari para kader Posyandu dan masyarakat kepada Pemerintah Desa Dongko. Harapannya kedepan Dana Desa lebih diprioritaskan untuk peningkatan pelayanan sosial dasar (PSD) khsusnya pendidikan dan kesehatan sehingga warga desa dongko lahir dan tumbuh menjadi Generasi Sehat dan Cerdas.    

Comments