Bangkitkan Nitizen Jurnalis: GSC Kecamatan Dongko Gelar Pelatihan Pengelolaan Media Komunitas

Dongko, 09 Nopember 2017

Bangkitkan Nitizen Jurnalis:GSC Kecamatan Dongko Gelar Pelatihan Pengelolaan Media Komunitas



Agus hariyanto memaparkan materi Nitizen Jurnalis

Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam mengelola Media Komunitas untuk KPMD se-Kecamatan Dongko. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) kecamatan Dongko mengadakan  "PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNITAS". Kegiatan ini mengambil tema peningkatan Pelayanan Sosial Dasar(PSD) Generasi Sehat dan Cerdas.
Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 8 - 9 November 2017 bertempat di Aula kecamatan Dongko.
 Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa(KPMD) dari 10 desa se wilayah kecamatan Dongko.
Mulyono Camat Dongko yang berkesempatan membuka pelatihan ini menyampaikan jika nantinya KPMD yang dilatih mampu mengelola media komunitas yang ada dimasing - masing desa se-Kecamatan Dongko. 
"Melalui Pelatihan Pengembangan Media Komunitas ini,saya berharap teman-teman KPMD bisa mengangkat potensi yang ada di Kecamatan Dongko melalui berita atau tulisan".Tegas Mulyono dihadapan peserta dan tim GSC    
Lebih jauh Mulyono menegaskan bahwa untuk menjadi seorang penulis berita harus mengetahui dan memperhatikan kata-kata maupun kalimat yang dipakai. Yaitu dengan menggunakan bahasa yang santun bukan hujatan ataupun fitnah. "Sukur bage,dalam penulisan berita berisikan kritik dan saran yang membangun, buat pemerintahan Desa maupun pemerintahan Kecamatan" pungkas mengakhiri sambutannya.

  
Hari pertama pelatihan Agus Hariyanto menyampaikan materi pengenalan tentang Citizen  Journalisme ( Media Warga), Media apa saja yang bisa dikelola oleh warga dan bagaimana cara menulis berita.   Agus juga menyampaikan bahwa pada dasarnya siapapun bisa menulis berita. Akan tetapi ada syarat dan kode etik yang harus diperhatikan. Dalam penulisan berita kita harus menggunakan unsur W5 + 1H. Yaitu What(Apa), Where(Dimana), When(Kapan), Why(Mengapa),Who(Siapa), dan How(Bagaimana).
Peserta Pelatihan Media Komunitas Praktik Membuat berita dan Best Practise
Hari kedua pelatihan peserta diajak praktek membuat berita tentang desa masing-masing dengan didampingi dan dipandu oleh Jurnalis Warga dari desa Dongko. Menutup acara pelatihan siang itu Aries Munandar Fasilitator Kecamatan Generasi Sehat dan Cerdas ( FK GSC ) Kecamatan Dongko berharap agar kiranya dari pelatihan ini Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa dapat membuat *BEST PRACTICE* terkait program GSC yang ada di Kecamatan Dongko. Hingga kemudian kegiatan dari program yang baik dapat lebih ditingkatkan, sementara kegiatan yang buruk untuk perbaikan.
Ditulis oleh Jurnalis Warga Trenggalek.

Comments